MAKALAH TENTANG PERAN DAN FUNGSI PERENCANAAN PENDIDIKAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Perencanaan sebagai salah satu fungsi organic dalam manajemen, merupakan bagian integral dari dari fungsi-fungsi organic lainnya di dalam manajemen. Dalam proses kerjanya perencanaan menerima masukan dari fungsi-fungsi organic manajemen lainnya, misalnya dari fungsi organic pengorganisasian menerima masukan yang berupa tujuan organisasi, dari fungsi organic pengawasan menerima masukan umpan balik berupa laporan hasil pelaksanaan suatu rencana. Selain masukan dari fungsi-fumgsi organic manajemen lainnya, kegiatan perencanaan juga memerlukan masukan instrumentak yang terdiri atas : program pengajaran tenaga, metode, instrument, organisasi dan biaya perencanaan.
Tujuan pendidikan pada hakikatnya merupakan pengejawantahan dari berbagai aspek kehidupan suatu bangsa dalam bisang agama, ideology, politik, ekonomi, social budaya, hukum, ilmu pengetahuan dan tekhnologi, serta keamanan dan pertahanan. Bentuk dan si rumusan atau informasi tujuan pendidikan bagi setiap bangsa berbeda. Perbedaan itu disesuaikan dengan sistem nilai yang terkandung dalam aspek-aspek kehidupan suatu bangsa dalam kurun waktu tertentu.

Walaupun terdapat berbagai perbedaan dalam isi dan rumusan tujuan pendidikan bagi setiap bangsa dalam kurun waktu tertentu, minimal terdapat tiga persamaan dari dari setiap tujuan pendidikan yaitu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memperbaiki atau bahkan mengubah sikap peserta didik. 

B.  Rumusan Masalah
1.   Apa pengertian dari perencanaan, pendidikan & perencanaan pendidikan ?
2.   Untuk apa tujuan perencanaan pendidikan itu dibuat ?
3.  Apa peran dan fungsi dari perencanaan pendidikan?
4.   Apa pentingnya perencanaan pendidikan?

C.   Tujuan Pembahasan
1.    Memahami pengertian dari perencanaan pendidikan &perencanaan pendidikan ?
2.    Memahami apa tujuan perencanaan itu dibuat ?
3.    Memahami peran dan fungsi dari perencanaan pendidikan ?
4.    Memahami pentingnya perencanaan pendidikan ?

BAB II
PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN PERENCANAAN PENDIDIKAN
1.  Definisi Perencanaan
  • Perencanaaan menurut Bintoro Tjokroaminoto ialah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Perencanaaan menurut Prajudi Atmosudirdjo ialah perhitungan dan penentuan tentang sesuatu yang akan dijalankan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, siapa yang melakukannya, bilamana, dimana, dan bagaimana cara melakukannya.
  • Perencanaaan menurut Siagian ialah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang menyangkut hal-hal yang akan dikerjakan di masa datang dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 
2. Definisi Pendidikan
  • Pendidikan berasal dari kata “didik”, Lalu kata ini mendapat awalan kata “me” sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, 
  • tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. 
    b.    Menurut bahasa Yunani: pendidikan berasal dari kata “Pedagogi” yaitu kata “paid” artinya “anak” sedangkan “agogos” yang artinya membimbing, sehingga “pedagogi” dapat di artikan sebagai “ilmu dan seni mengajar anak”. 
    c.    Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 
    d.    Menurut Wikipedia, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. 

    3.      Defenisi Perencanaan Pendidikan

    a.    Yusuf Enoch: Perencanaan Pendidikan, merupakan suatu proses yang yang mempersiapkan seperangkat alternative keputusan bagi kegiatan masa depan yang diarahkan kepadanpencapaian tujuan dengan usaha yang optimal dan mempertimbangkan kenyataan-kenyataan yang ada di bidang ekonomi, sosial budaya serta menyeluruh suatu Negara.
    b.    Beeby, C.E.: Perencanaan Pendidikan merupakan suatu usaha melihat ke masa depan ke masa depan dalam hal menentukan kebijaksanaan prioritas, dan biaya pendidikan yang mempertimbangkan kenyataan kegiatan yang ada dalam bidang ekonomi, social, dan politik untuk mengembangkan potensi system pendidikan nasioanal memenuhi kebutuhan bangsa dan anak didik yang dilayani oleh system tersebut.
    c.    Guruge (1972): Perencanaan Pendidikan merupakan proses mempersiapkan kegiatan di masa depan dalam bidang pembangunan pendidikan.
    d.    Albert Waterson (1975): Perencanaan Pendidikan adala investasi pendidikan yang dapat dijalankan oleh kegiatan-kegiatan pembangunan lain yang di dasarkan atas pertimbangan ekonomi dan biaya serta keuntungan sosial.
    e.    Coombs (1982): Perencanaan pendidikan suatu penerapan yang rasional dianalisis sistematis proses perkembangan pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif dan efisien dan efisien serta sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para peserta didik dan masyarakat.
    f.    Y. Dror (1975): Perencanaan Pendidikan merupakan suatu proses

    mempersiapkan seperangkat keputusan untuk kegiatan-kegiatan di masa depan yang di arahkan untuk mencapai tujuan-tujuan dengan cara-cara optimal untuk pembangunan ekonomi dan social secara menyeluruh dari suatu Negara. 
    Dengan demikian definisi perencanaan pendidikan apabila disimpulkan dari beberapa pendapat tersebut adalah suatu proses perumusan kebijakan dan instrument sekaligus tekhnik penentuan prioritas, juga merupakan bagian integral pembangunan nasional suatu negara serta penghubung antara harapan orang tua, masyarakat, peserta didik dan negara dalam upaya mencapai tujuan maupun fungsi pendidikan. 

    B.    TUJUAN PERENCANAAN PENDIDIKAN
    Tujuan perencanaan dalam manajemen pendidikan :
    • Standar pengawasan, yaitu mencocokan pelaksanaan dengan perencanaannya.
    • Untuk mengetahui kapan pelaksanaan dan selesainya suatu kegiatan.
    • Mengetahui siapa saja yang terlibat (struktur organisasi) baik kualifikasinya maupun kuantitas.
    • Mendapatkan kegiatan yang sistematis termasuk biaya dan kualitas pekerjaan.
    • Meminimalkan kegiatan-kegiatan yang tidak produktif       dan menghemat biaya, tenaga ,dan waktu.
    • Memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai kegiatan pekerjaan.
    • Menyerasikan dan memadukan sub kegiatan
    • Mendeteksi hambatan kesulitab yang bakal ditemui
    • Mengarahkan pencapaian tujuan. 
    C.   PERAN DAN FUNGSI PERENCANAAN PENDIDIKAN
    Dari beberapa Literatur yang dipelajari dan diteliti penulis, tidak ditemukan satu sumber pun yang secara  tegas mendefinisikan fungsi dan peranan perencanaan pendidikan. Namun demikian, ada beberapa yang mengungkapkannya secara implinsit dan terbatas seperti yang dikemukakan oleh Udin Syaifudin Sa’ud dan Abin Syamsuddin Makmun dalam buku yang berjudul Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif, oleh H.M. Djumberansyah Indar dalam buku Perencanaan Pendidikan Strategi dan Implementasinya, dan oleh Endang Sunarya dalam buku Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem.
                    Udin Syaefudin dan Abin Syamsuddin Makmun menjelaskan fungsi dan peranan perencanaan pendidikan yang dimodifikasi oleh penulis seperti berikut ini :Perencanaan pendidikan berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan dan pengendalian suatu kegiatan.
    • Perencanaan pendidikan berfungsi untuk menghindari terjadi pemborosan dalam penggunaan sumber daya pendidikan.
    • Perencanaan pendidikan berfungsi sebagai alat bagi pengembangan quality assurance bagi organisasi.
    • Perencanaan pendidikan berfungsi untuk memenuhi accountability kelembagaan.
    • Perencanaan pendidikan berfungsi sebagai perintis atau pelopor kegiatan pembangunan pendidikan.
    • Perencanaan pendidikan berfungsi sebagai alat pengubah (moderator) dan alat pengendali (control) perubahan sisitem pendidikan.
    • Perencanaan pendidikan mempunyai peran untuk memecahkan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan sistem pendidikan.
    • Perencanaan pendidikan berfungsi sebagai pengikat antara aktifitas pendidikan dengan aktifitas masyarakat yang lebih luas.
    • Perencanaan pendidikan berfungsi sebagai alat untuk memusatkan perhatian pada kehidupan masyarakat yang lebih luas.
    • Perencanaan pendidikan berperan untuk menjadi koordinat perencana dalam pencapaian keadaan yang diinginkan baik dari sisi sosial, budaya, maupun aktifitas lainnya bagi keseluruhan masyarakat.
    • Perencanaan pendidikan berfungsi sebagai alat untuk bekerja lebih dekat dengan progam-progam pelayanan manusia lainnya seperti perpustakaan, sarana rekreasi, museum, media masa dan yang lainnya
    • Perencanaan pendidikan berfungsi sebagai alat yang berorientasi terhadap program siswa yang terstruktur dengan kondisi yang relevan dengan lingkungan sekitarnya.
    Sementara menurut H.M. Djumberansyah Indar (1990) dalam bukunya uang berjudul Perencanaan Pendidikan Strategi dan Implementasinya dikemukakan bahwa fungsi dan peranan perencanaan pendidikan adalah:
    • Sebagai alat untuk mengarahkan kegiatan pendidikan.
    • Sebagai pedoman bagi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada pencapaian tujuan pembangunan pendidikan.
    • Sebagai alat untuk memperkirakan atau forecasting hal-hal dalam masa pelaksanaannya yang akan dilalui.
    • Memberikan kesempatan untuk memilih berbagai alternatif cara terbaik.
    • Sebagai alat untuk menyusun skala prioritas (memilih urutan-urutan dari segi pentingnya suatu tujuan, sasaran maupun kegiatan usahanya.
    • Dari beberapa pendapat tentang fungsi dan peranan perencanaan pendidikan di atas dapat disimpulkan yang merupakan fungsi dan peranan perencanaan pendidikan adalah sebagai berikut:
    • Sebagai pedoman bagi pelaksanaan kegiatan pembangunan pendidikan.
    • Sebagai alat pengendalian pelaksanaan pembangunan pendidikan.
    • Sebagai alat untuk menjamin mutu pembangunan pendidikan.
    • Sebagai alat pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
    • Sebagai sarana untuk menjamin kelancaran pencapaian tujuan pembangunan pendidikan.
    • Sebagai sarana untuk memperjelas visi, misi, dan strategi pembangunan pendidikan.
    • Sebagai alat yang logis dan sistematis untuk mengubah sistem pendidikan ke arah yang lebih baik.

    . D.  PENTINGNYA PERENCANAAN PENDIDIKAN

    Perencanaan mempunyai posisi yang penting dalam sebuah organisasi, lembaga dan kumpulan pendidikan lainya, tanpa adanya perencanaan maka jalannya organisasi tidak jelas arah dan tujuannya. Oleh Karena itu perencanaan penting karena pertama, dengan adanya perencanaan diharapan tumbuhnya suatu pengarahan kegiatan, adanya pedoman bagi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada pencapaian tujuan. Kedua, dengan perencanaan, maka dapat dilakukan suatu perkiraan terhadap hal-hal dalam masa pelaksanaan yang akan dilalui. Ketiga, perencanaan memberikan kesempatan untuk memilih berbagai alternative tentang cara terbaik atau kesempatan untuk memilih kombinasi cara yang terbaik. Keempat, dengan perencanaan dapat dilakukan skala prioritas. Kelima, dengan adanya rencana, maka akan ada suatu alat pengukur atau standar untuk mengadakan pengawasan.  Dengan demikian perencanaan mempunyai peranan penting dalam organisasi pendidikan maupun dalam organisasi yang bersifat pribadi. Dengan adanya perencanaan akan dimungkinkan untuk memprediksi kerja dimasa yang akan datang, bahkan akan mampu memprediksi kemungkinan hasil yang akan dicapai.
    Dari penjelasan tersebut tergambar dengan jelas bahwa perencanaan dalam manajemen pendidikan sangat rumit. Dengan demikian perencanaan tidak dapat dilakukan tanpa adanya pemikiran yang matang, komprehensif dan rasional. Untuk itu perhatian terhadap langkah-langkah perencanaan dan segala yang berkaitan dengan perencanaan penting bagi manajemen dan bagi para manajer pendidikan.

    BAB III
    PENUTUP
    A.    Kesimpulan
    Perencanaan pendidikan adalah suatu proses perumusan kebijakan dan instrument sekaligus tekhnik penentuan prioritas, juga merupakan bagian integral pembangunan nasional suatu negara serta penghubung antara harapan orang tua, masyarakat, peserta didik dan negara dalam upaya mencapai tujuan maupun fungsi pendidikan Dalam proses penyusunan rencana pendidikan, pengkal tolak yang dijadikan rujukannya adalah tujuan dan fungsi pendidikan. Oleh karena itu, tujuan dan fungsi pendidikan merupakan substansi perencanaan pendidikan yang amat penting dan strategis. Mengingat tujuan dan fungsi pendidikan sangat penting dan strategis dalam menyusun suatu rencana pendidikan.
    Fungsi perencanaan merupakan tahapan paling penting dari suatu fungsi manajemen, terutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah dinamis. Dalam era globalisasi ini perencanaan harus lebih mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis dan bukan hanya pada intuisi dan firasat (dugaan). Merencanakan pada dasarnya menentukan kegiatan yang hendak dilakukan pada masa depan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengatur berbagai sumber daya agar hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan.
    Dengan demikian, mananjemen pendidikan hendaknya memperhatikan

    perencanaan, karena perencanaan merupakan awal dari segala aspek yang akan dilakukan dalam manajemen pendidikan. Selain langkah awal, perencanaan merupakan aktifitas untuk memilih berbagai alternative tindakan yang kesemua itu bermuara kepada suatu target yang diharapkan demi kemajuan pendidikan.

    B.    Saran-Saran
    • Agar setiap lembaga pendidikan memilki perencanaan yang baik dan benar agar dapat mencapai tujuan pendidikan
    • Agar setiap lembaga pendidikan memahami peran penting perencanaan pendidikan sehingga menjadi prioritas dalam suatu program kerja
    • Agar setiap pemimpin benar-benar melakukan perencanaan pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan analisis yang baik dan benar
     


Post a Comment for "MAKALAH TENTANG PERAN DAN FUNGSI PERENCANAAN PENDIDIKAN "